Telur Asin Asli Brebes | 7 Cara Membuat Telur Asin Asli Brebes Pantura


Brebes adalah kota yang terletak di bagian jawa tengah, tepatnya bertetangga an dengan kota Tegal dan perbatesan jawa barat.

Siapa sih yang tidak tahu kota yang satu ini, selain terkenal dari hasil buminya yaitu Bawang merah, brebes juga terkenal akan makanan khasnya yaitu Telur Asin. Telur asin banyak kita jumpai di manapun kita berada, tapi pastinya Telur asin yang asli cuma dari brebes.

Telur asin banyak kita jumpai di pinggiran jalan pantura brebes, di situ banyak toko-toko atau kios yang menyediakan makanan khas brebes salah satunya Telur asin. 

Nah di sini saya sebagai wong brebes asli, saya akan memberikan cara membuat telur asin yang enak khas brebes. Mari kita simak langkah-langkahnya berikut :

1. Telur Bebek Bagus

Untuk membuat telur asin, kamu membutuhkan telur bebek dengan cangkang yang lebih tipis. Agar hasilnya bagus, siapkan telur bebek yang memiliki kualitas bagus, nggak retak maupun busuk. Bersihkan telur bebek dengan air dari segala kotoran kemudian dikeringkan.

2. Abu Gosok dan Garam

Selain telur, kamu membutuhkan abu gosok dan garam yang bisa cari di berbagai pasar tradisional. Keduanya dicampur dengan takaran satu banding satu sehingga merata, menciptakan adonan hitam pekat.

3. Bungkus Telur Bebek

Setelah dicampur air sedikit ke dalam adonan abu gosok dan garam, aduk hingga merata. Setelah itu, bungkus telur bebek dengan adonan tersebut dengan ketebalan 1 sampai 2 milimeter. Jangan terlalu tipis maupun terlalu tebal.

4. Diamkan 20 Hari

Setelah dibungkus dengan adonan abu gosok dan garam, taruh telur-telur bebek tersebut ke dalam sebuah wadah dengan permukaan lembut seperti ember plastik. Diamkan selama 15 hingga 20 hari agar adonannya bekerja memberikan rasa asin ke dalam telur.

5. Ruangan Terbuka

Yang wajib kamu perhatikan adalah kualitas ruangannya. Hindari menyimpan telur bebek tersebut di ruangan tertutup dan lembap. Harus di tempat terbuka dan bersih sehingga kualitas rasa telur bisa terjaga.

6. Pembersihan Telur

Setelah cukup waktu pemeraman, saatnya melepaskan telur bebek dari adonan abu gosok. Bersihkan telur dengan kain basah. Hati-hati retak karena cangkangnya yang sangat tipis.

7. Rebusan terakhir

Tahap terakhirnya adalah perebusan telur. Untuk menciptakan kematangan yang sempurna, rebus selama 15 menit. Setelah itu, matikan bara api diamkan telur hingga airnya dingin. Baru kemudian, telur tersebut diangkat dan siap disajikan.

Nah itulah cara membuat Telur Asin Asli Brebes.. Buat kalian yang lewat jalan pantura Brebes jangan lupa ya membeli Telur Asinnya, bisa juga buat oleh-oleh keluarga di rumah lho...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel